Install Zsh pada Windows

Buat: 01/20/2013 - 00:29
Install Zsh pada Windows

Saya sudah terbiasa menggunakan Zsh pada *nix. Tapi jika menggunakan Windows, hanya ada dua opsi. Menggunakan Command Prompt atau Windows PowerShell, yang mana tidak se-"powerful" Terminal pada *nix. Jika anda terpaksa menggunakan Windows, tetapi ingin menggunakan fitur-fitur yang ada pada Zsh, saya akan memandu anda caranya. Sekaligus saya ingin memperkenalkan Terminal pada user yang selama ini hanya menggunakan Command Prompt pada Windows.

Ada beberapa cara untuk install Zsh pada Windows. Cara termudah adalah dengan menggunakan Cygwin. Untuk install Cygwin, anda membutuhkan koneksi internet yang memadai. Instalasi default membutuhkan space sekitar 876 MiB. Anda bisa download Cygwin installer dari http://cygwin.com/install.html.

Cygwin Setup

  1. Jalankan Cygwin installer.
  2. Pada opsi pertama, Pilih "Install from Internet".
  3. Root directory, pilih folder yang akan anda jadikan root. Sebagai contoh C:\cygwin
  4. Local Package Directory, ini adalah lokasi folder dimana semua packages akan di-download. Sebagai contoh C:\cygwin_packages
  5. Pada pilihan koneksi, sesuaikan dengan konfigurasi koneksi anda.
  6. Pilih dari server mana anda akan download Cygwin packages. Saya pilih yang paling dekat dengan Indonesia, http://download.nus.edu.sg
  7. Pada pilihan packages, search zsh. Klik pada kolom new hingga berubah menjadi versi. Anda juga bisa memilih package lain yang anda butuhkan.
  8. Setelah instalasi selesai, anda bisa menambahkan shortcut "Cygwin Terminal" ke Desktop atau Start Menu.

Tada... sekarang anda sudah bisa menikmati bash pada Windows. Klik kanan layar atau title bar untuk font, warna, ukuran, dll.

Untuk masuk ke zsh, ketik zsh dari Terminal. Jika ini adalah pertama kalinya anda menjalankan zsh, akan ada opsi untuk mengkonfigurasi zsh. Dan jika ada masuk ke zsh, mungkin akan terlihat karakter-karakter aneh yang muncul.

Weird characters - Cygwin - Zsh - Windows

Ketik exit dan enter untuk keluar dari zsh. Kita skip saja ini, karena kita akan menggunakan konfigurasi default dari oh-my-zsh. Anda bisa mengikuti petunjuk instalasi oh-my-zsh dari https://github.com/robbyrussell/oh-my-zsh, atau anda bisa download file dalam bentuk archive zip atau tarball

Jika anda download dalam bentuk archive, extract file kedalam folder %UserProfile%\.oh-my-zsh atau $HOME/.oh-my-zsh.

%UserProfile% adalah salah satu variable pada Windows yang mengacu pada folder user anda. Sama seperti $HOME pada *nix. Misalnya "C:\Users\username" pada Windows Vista/7/8 dan Windows Server 2008/2012. Atau "C:\Document and Settings" pada Windows XP dan Server 2000/2003. Informasi lebih detail dapat anda pelajari di http://en.wikipedia.org/wiki/Environment_variable

Berikut langkah dalam Terminal (bash).

tar xf oh-my-zsh.tar.gz

Jika anda download archive dalam format zip, anda harus install unzip package terlebih dahulu melalui cygwin installer.

unzip oh-my-zsh.zip

Copy file .oh-my-zsh/templates/zshrc.zsh-template ke ~/.zshrc.

cp ~/.oh-my-zsh/templates/zshrc.zsh-template ~/.zshrc

Ketik zsh dari Terminal. Tadaa... jika anda mendapatkan zsh seperti gambar dibawah, berarti instalasi zsh dan oh-my-zsh berjalan sempurna ;)

Zsh

Jika anda masuk kedalam folder yang berisi git, maka otomatis akan menginformasikan branch yang sedang aktif.

Zsh git

Anda bisa mengganti theme oh-my-zsh dengan mengganti ZSH_THEME pada file ~/.zshrc. Informasi lebih lengkap mengenai theme bisa anda lihat disini https://github.com/robbyrussell/oh-my-zsh/wiki/Themes.

Ada pertanyaan? Langsung tanyakan di komentar.

 

 

About Author

Tentang PHP Indonesia

PHP Indonesia adalah sebuah komunitas untuk semua orang yang mencintai PHP. Fokus utama kami adalah pemrograman menggunakan bahasa PHP, namun tidak menutup kemungkinan pembahasan yang mencakup keseluruhan LAMP stack. Topik bisa dari pemrograman PHP, penanganan memcached, optimasi database, konfigurasi server, tuning server web, application deployment, framework PHP, hosting pilihan dan sebagainya.

Petunjuk Penulisan

Berikut ini adalah beberapa petunjuk penulisan artikel. Petunjuk dibuat bukan untuk membatasi tetapi demi menjaga kualitas artikel yang terpublikasi di situs ini. Selain itu, keseragaman gaya bahasa dapat menjaga readibilitas (tingkat keterbacaan) sehingga pembaca akan lebih nyaman dalam membaca artikel di situs ini.