Seberapa Besar Passion Anda di Dunia Programming?

Buat: 01/14/2013 - 11:36
Seberapa Besar Passion Anda di Dunia Programming?

Selama dua bulan terakhir ini, saya 'feeling' ada beberapa teman-teman dari komunitas dunia IT yang menjadi teman-teman saya di facebook menggangap saya aneh dan unyuk-unyuk. Bagaimana tidak, saya yang notabene seorang programmer PHP, praktisi Yii Framework yang sehari-hari berkutat dengan PHP Sintaks, Object Oriented Programming (OOP), Cascade Style Sheet (CSS), dan Hyper Text Markup Language (HTML) tiba-tiba jadi pemandu sorak di acara Idola Cilik yang lagi tayang di RCTI saat ini. Tidak cukup sampai situ, bahkan berlelah-lelah datang ke Studio I RCTI untuk mengikuti acara ini. Aneh? yah.. aneh

Tapi, mari dengar dulu alasan saya. Inti dari semua yang saya lakukan di atas sebetulnya tidak murni pindah haluan dan melupakan dunia programming. Tujuan saya adalah ingin memahami apa sebetulnya yang terjadi di dunia lain selain dunia programming. Seperti yang kita ketahui, dunia programming sehari-hari yang kita hadapi hanyalah dunia kotak segi empat entah 14 inci, 17 inci, bahkan 10 inci, 7 inci dan 4 inci. Hanya segini besarnya dunia yang kita liat sehari-hari? Tentu saja tidak! Ada dunia lain yang juga dinikmati oleh orang lain. Salah satu dunia yang saya maksud adalah dunia industri pertunjukan (showbiz). Dunia yang saya masuki dalam dua bulan terakhir ini. Saya ingin sekali melihat apa yang ada di dunia showbiz ini. Mengikuti pertunjukan live di Studio RCTI dan melihat aktivitas para penggiat dan maniak di dunia ini.

Harus saya akui bahwa dunia pertunjukan memang memiliki tingkat glamour yang lebih tinggi dari dunia dan industri programming software, dunia yang kita geluti setiap hari. Rasanya dunia programming, dunia IT tenggelam oleh kilauan dunia pertunjukan dan dunia industri lain.

Begini. Selama saya mengikuti Idola Cilik ini, awalnya memang begitu menyenangkan dan hebat. Tapi seiring berjalannya waktu saya sadar bahwa lama kelamaan saya mulai mengalami sedikit demi sedikit kebosanan. Entah sampai kapan, tapi saya yakin bahwa dalam dua tiga bulan depan mungkin saya akan muak dengan dunia ini. Kalau begitu apa yang telah terjadi? Ini kesimpulannya.

Saya tidak dilahirkan di dunia industri pertunjukan. Saya tidak memiliki ketertarikan di dunia industri pertunjukan. Saya tidak memiliki PASSION sama sekali dengan dunia industri pertunjukan. Kalau saya memaksa diri masuk di dunia ini, yang akan saya dapatkan adalah frustasi, tekanan, dan masalah-masalah sepele yang justru sulit saya selesaikan. Berbeda halnya dengan dunia programming, dunia IT, dunia teknologi. Ini 100% tidak akan membuat saya bosan barang sedikitpun. Duduk 12 jam di depan laptop, coding, programming, bercanda dengan teman-teman komunitas, coding lagi, programming lagi tidak akan menyiksa saya dibanding duduk nonton di dunia pertunjukan yang lamanya cuman 2 jam tapi terasa seperti setahun.

Passion saya jelas di dunia IT, dunia programming dan dunia teknologi. Membahasnya berlama-lama tidak akan membuat saya bosan sedikitpun. Masalah sebesar apapun saya tidak pernah takut untuk menghadapinya. Saya mengerjakan semua tugas-tugas di dunia ini dengan penuh sukacita, semangat dan energi yang tidak akan pernah habis. Ini dunia saya dan ini dunia yang sangat indah untuk dijalani habis-habisan. No matter how...

Jadi, jika anda, para pembaca sekalian, yang merasa seolah-olah sudah terperangkap di dunia IT ini. Apa boleh buat, sudah kepalang basah, basah sekalian. Terjun habis-habisan di dunia ini. Pelajari semua teknologi yang terhubung dengan bidang yang anda minati. Percaya sajalah, bahwa ketekunan, semangat dan belajar tidak henti tidak akan pernah sia-sia. Orang lain boleh sukses di dunia pertunjukan, dan industri-industri lain, lalu kenapa tidak dengan dunia programming? Saya punya keyakinan bahwa PASSION-lah alasan satu-satunya seseorang untuk bisa berhasil di dunia programming yang keras ini.

Passion akan membuat kita tetap semangat, kuat dan enerjik. Belajar tiada henti, riset tidak berkesudahan untuk sebuah hasil dan tujuan yang tidak dapat dinilai dengan uang. So, jangan mundur kawan!

About Author

Tentang PHP Indonesia

PHP Indonesia adalah sebuah komunitas untuk semua orang yang mencintai PHP. Fokus utama kami adalah pemrograman menggunakan bahasa PHP, namun tidak menutup kemungkinan pembahasan yang mencakup keseluruhan LAMP stack. Topik bisa dari pemrograman PHP, penanganan memcached, optimasi database, konfigurasi server, tuning server web, application deployment, framework PHP, hosting pilihan dan sebagainya.

Petunjuk Penulisan

Berikut ini adalah beberapa petunjuk penulisan artikel. Petunjuk dibuat bukan untuk membatasi tetapi demi menjaga kualitas artikel yang terpublikasi di situs ini. Selain itu, keseragaman gaya bahasa dapat menjaga readibilitas (tingkat keterbacaan) sehingga pembaca akan lebih nyaman dalam membaca artikel di situs ini.