Tips Sukses Menjadi Freelancer

Buat: 01/14/2013 - 22:31
Tips Sukses Menjadi Freelancer

Freelancer merupakan pekerjaan dengan jam kerja fleksibel tapi menghasilkan. Banyak orang saat ini beralih menjadi tenaga lepas (freelancer) karena mereka dapat bekerja mandiri, dilakukan dari rumah, dan resikonya tidak sebesar resiko membuka usaha sendiri. Mungkin Anda sangat tergiur mempunyai pekerjaan yang fleksibel, apalagi jika masih melanjutkan pendidikan.

Menjadi freelancer memungkinkan Anda untuk menjadi bos bagi diri anda sendiri. Anda dapat mengatur jam kerja dan tarif diri Anda sendiri. Namun, menjadi freelancer tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus bisa mengatur strategi supaya pekerjaan tersebut berjalan dengan lancar. Untuk itu, diperlukan langkah yang tepat untuk seorang freelancer. Dikutip dari iDiva, simaklah lima cara berikut agar Anda bisa menjadi seorang freelancer yang sukses.

Tentukan Bidang Pekerjaan yang Sesuai

Sebelum masuk ke dunia freelance, sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu bidang apa yang ingin dijalani sesuai dengan minat serta hobi Anda. Jika Anda senang menulis, mungkin penulis atau jurnalis lepas dapat menjadi pilihan. Kalau Anda pecinta fashion, pilih fashion editor, desain interior, atau desainer fashion agar bakat semakin berkembang. Jika mencintai bidang fotografi, fotografer freelance juga merupakan pilihan baik karena fotografer freelance dapat berdiri sendiri atau bergabung bersama suatu perusahaan atau organisasi.

Memperluas Komunikasi ke Banyak Orang

Setelah menentukan bidang yang akan ditempuh, perluaslah jaringan komunikasi dengan semua orang, terutama teman yang sudah mempunyai pengalaman dalam bidang Anda. Untuk menjadi freelancer, sangat penting mempromosikan diri di hadapan banyak orang. 

Hal ini bisa dilakukan dengan menghubungi perusahaan yang pernah menerima Anda magang, mencari orang yang ahli dalam bidang tersebut, serta menjalin komunikasi seluas-luasnya hingga menemukan orang yang tepat diajak kerja sama. “Butuh ekstra sabar saat menjalaninya, tapi jika Anda sudah membuka satu pintu, pintu selanjutnya akan terbuka dengan sendirinya,” tutur Yoshita Shah, seorang freelance journalist.

Manfaatkan Media Sosial

Manfaatkan media sosial sebagai ‘jembatan’ menjaring informasi, mempromosikan diri, serta berteman dengan banyak orang yang bisa membantu Anda nantinya. Anda dapat gunakan Facebook, Twitter, Linkedln, atau blog untuk mencari dan menyebarluaskan segala informasi.

E-Mail Marketing

Anda bisa gunakan e-mail sebagai strategi pemasaran. Kirimkan sebuah pesan yang berisi ‘pengenalan’ Anda kepada perusahaan, suatu kelompok, atau organisasi tertentu. Hal ini sangat mudah dilakukan dan cukup membantu demi pekerjaan Anda kedepannya.

Mencari Peluang di Internet

Temukan peluang Anda di internet. Gunakan search engine untuk mencari perusahaan yang menerima freelancer sesuai dengan bidang Anda. Kemudian, pertimbangkan kembali keinginan serta keputusan Anda sebagai seorang freelancer. Jika sudah yakin, Anda bisa segera hubungi perusahaan tersebut.

Pertimbangkan Tarif

Setelah memberikan yang terbaik sehingga menjadi freelancer yang cukup sukses, Anda bisa mempertimbangkan harga. Kemampuan atau skill yang Anda miliki harus mempunyai nilai tersendiri. Bagi pemula, jangan terlalu tinggi menentukan ‘tarif’ melihat pengalaman yang belum memadai. Anda bisa bertahap meningkatkan angka sesuai dengan kualitas yang Anda berikan. Setiap freelancer tidak akan memiliki ‘tarif’ yang tetap. “Bagi saya, ‘tarif’ tergantung jenis pekerjaannya, waktu yang telah diberikan, serta rincian lainnya,” ujar Poonam Gaikwad, seorang freelance make-up artist.

 

,

About Author

Tentang PHP Indonesia

PHP Indonesia adalah sebuah komunitas untuk semua orang yang mencintai PHP. Fokus utama kami adalah pemrograman menggunakan bahasa PHP, namun tidak menutup kemungkinan pembahasan yang mencakup keseluruhan LAMP stack. Topik bisa dari pemrograman PHP, penanganan memcached, optimasi database, konfigurasi server, tuning server web, application deployment, framework PHP, hosting pilihan dan sebagainya.

Petunjuk Penulisan

Berikut ini adalah beberapa petunjuk penulisan artikel. Petunjuk dibuat bukan untuk membatasi tetapi demi menjaga kualitas artikel yang terpublikasi di situs ini. Selain itu, keseragaman gaya bahasa dapat menjaga readibilitas (tingkat keterbacaan) sehingga pembaca akan lebih nyaman dalam membaca artikel di situs ini.